Chat WhatsApp Otomatis

Bio Tank


Bio septictank merupakan septictank modern yang kini sudah hadir di tengah masyarakat sebagai salah satu pilihan terbaik. Seperti septic tank konvensional, bio septic tank juga berfungsi untuk menampung tinja atau kotoran manusia.

Bio Septic Tank adalah Septik tank yang menggunakan biotechnology dalam sistem penguraian limbah toilet. Bio Septic Tank menggunakan bakteri untuk mengurai kotoran yang masuk sehingga dalam sistem yang lebih hemat ruang mampu menghasilkan proses yang lebih maksimal. Tidak hanya dalam proses penguraiannya saja namun juga memperhatikan pemurnian hasil limbah cair yang dikeluarkan sehingga lebih ramah lingkungan. Namun terkadang pemasangan Bio Septic Tank yang tidak sesuai standar menyebabkan kinerja Bio Septic Tank tidak maksimal. Lalu  seperti apa standar pemasangan Bio Septic Tank yang baik dan ideal?

Berikut adalah langkah langkah dalam pemasangan Bio Septic Tank yang baik dan ideal:

Pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang akan digunakan untuk menempatkan Bio Septic Tank (dalam atau luar ruangan). Pastikan pemilihan tempat agar dipertimbangkan terlebih dahulu supaya lahan pada tempat hunian anda tepat guna dan tidak mengganggu di kemudian hari.

Selanjutnya adalah menyiapkan lubang galian dengan ukuran sesuai dengan diameter tangki Bio Septik ditambah 10 cm pada sekelilingnya dengan kedalaman sesuai tinggi tangki (diukur dari dasar hingga pangkal leher tangki).

Lapisi dinding dengan batu bata dan semen dan pastikan dasar lubang rata serta  tidak ada tonjolan tajam pada dinding dan dasar lubang (lapisan batu bata dan semen digunakan untuk mengantisipasi tanah yang tidak stabil dan rembes).

Masukkan Pennyu Bio Septic Tank Kedalam Lubang yang telah dipersiapkan dengan hati-hati (jangan dijatuhkan). Sesuaikan juga posisi saluran inlet dan outlet bio septic tank dengan saluran inlet dan outlet yang sedang dipersiapkan pada lubang.

Isi Pennyu Bio Septic Tank dengan air terlebih dahulu lalu timbun lubang galian dengan pasir halus (harus bebas dari kerikil/batu) sampai Leher tangki.

Pastikan Manhole dan tube disinfectant harus tetap terlihat dan bisa di akses untuk pengecekan dan pengisian ulang klorin. Untuk pemasangan Pennyu Bio Septic Tank di garasi atau carport, Pastikan tutup lubang dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan saat ingin memeriksa manhole dan tube disinfectant.

Pastikan anda melepas kemasan/pembungkus plastik pada klorin dan menaruh tablet klorin kembali pada tube disinfectant. Lakukan pemeriksaan pada klorin 6-9 bulan pemakaian. Tablet klorin (biasa juga disebut kaporit) bisa didapatkan di toko kimia.

Masukan bakteri starter  setelah selesai pemasangan dan hendak digunakan ke dalam Pennyu Bio Septic Tank melalui saluran sedot dari lubang inspeksi (manhole). Karena bakteri menguraikan bahan organik maka jangan memasukan selain limbah/bahan organik ke dalam Kloset/Septic Tank seperti puntung rokok, sampah plastik dan pembalut wanita. Bakteri starter biasanya juga bisa anda dapatkan di toko bangunan/ledeng, toko kimia, dan toko pertanian atau pupuk.

Sambung kabel yang ada pada Bio Septic Tank dengan steker dan sambungkan pada sumber listrik untuk menyalakan Micro Bubble Diffuser yaitu alat untuk menyuplai oksigen dalam bentuk Micro Bubble guna menjaga agar bakteri aerob bisa tetap hidup dan berkembang.


Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi :

CV. LIGHT GROUP INDONESIA

Telp. / WA / SMS  : 081804135008 / 081325157177

Email : lightgroup.id@gmail.com

www.lightgroupindonesia.com

Jl. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta