Chat WhatsApp Otomatis

Kelebihan Kontruksi Bangunan Baja

 

Pemilihan jenis konstruksi baja untuk bangunan sangat penting sebelum memulai proses desain maupun pembangunannya. Sebab membangun sebuah bangunan baik itu gedung maupun hunian merupakan kegiatan yang mengeluarkan biaya besar. Tak hanya untuk material dan biaya desain oleh arsitek, tapi juga membayar upah tenaga kerja.

Oleh sebab itu, ketika Anda ingin membangun sebuah bangunan perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu. Salah satu yang penting adalah memilih konstruksi apa yang akan digunakan. Umumnya masyarakat Indonesia memakain konstruksi kayu sebagai pondasi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kini lebih banyak digunakan konstruksi baja.

Baja memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan kayu. Namun, yang membuat konstruksi ini semakin banyak dipakai adalah karena kokoh dan memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Kali ini, kami akan membahas mengenai konstruksi baja yang sangat cocok untuk bangunan, bahkan rumah sekalipun.

Konstruksi baja merupakan sebuah sistem konstruksi yang mengandalkan baja sebagai pondasinya. Konstruksi baja untuk bangunan tinggi dan luas karena terbukti lebih kokoh dan juga aman. Tak hanya itu, konstruksi baja juga lebih mudah dirangkai dan mempercepat proses pembangunan sehingga banyak digunakan.

Dalam pembangunan bangunan efisiensi waktu sangat penting, karena mampu membantu menekan biaya pembangunan. Jadi, wajar jika untuk pembangunan bangunan-bangunan besar yang peruntukkannya adalah bisnis jenis konstruksi ini menjadi andalan. Struktur baja pada bangunan merupakan insvestasi jangka panjang menjanjikan dan jika dibongkar nilai jualnya tetap tinggi.


Manfaat Konstruksi Baja untuk Bangunan

Apabila Anda berncana membangun bangunan komersil seperti ruko, rumah kos, restoran, pabrik atau gudang, maupun ingin menggunakannya untuk membangun hunian, ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama harus tahu apa saja manfaat konstruksi baja dalam pembangunan bangunan. Berikut beberapa manfaat konstruksi baja:

1. Lebih cepat dalam hal pengerjaan sehingga bisa menekan biaya tenaga pembangunan. Pembangunan struktur baja bisa menghemat waktu pengerjaan berbulan-bulan.

2. Menghemat biaya arsitektur, untuk penggunaan struktur baja Anda tak perlu membungkusnya lagi dengan betton agar terlihat bagus, cukup mengecatnya saja.

3. Struktur lebih kuat dan tahan lama, karena itu tidak hanya memiliki fungsi sebagai bangunan, struktur baja juga bisa dijadikan investasi jangka panjang Anda mengingat harga baja yang tidak akan turun jauh walaupun bekas bongkaran.

4. Sangat cocok untuk bangunan komersil seperti ruko, restoran, maupun rumah kos. Karena pembangunannya cepat, bangunan juga bisa lebih cepat digunakan sehingga keuntungan bisa segera didapatkan.

Kelebihan Kontruksi Bangunan Baja:

1. Lebih Ringan Ketimbang Konstruksi Kayu: Ketika baja dan kayu dipotong dalam ukuran tertentu yang sama, maka baja akan lebih berat daripada kayu. Namun hal yang mengejutkan adalah konstruksi baja berdasarkan karakteristiknya akan memiliki berat yang lebih ringan ketimbang konstruksi kayu.

Kelebihan konstruksi baja dalam hal ini adalah memudahkan desain pondasi rumah atau sebuah bangunan serta struktur penopang lainnya. Tentu saja, konstruksi baja yang ringan ini dapat memangkas kebutuhan tenaga dan anggaran ketika pengiriman dan pemasangan.

2. Konstruksi Baja Lebih Stabil dan Kompak: Beban mati pada konstruksi baja terbilang kecil, hal ini membuat baja mampu menopang dirinya sendiri pada bangunan yang tinggi atau luas. Selain itu, konstruksi baja bisa jadi solusi ketika ingin membangun sebuah rumah di atas tanah yang labil.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kualitas konstruksi baja, karena baja merupakan produk pabrik yang memiliki mutu terstandar. Di samping itu, kualitas konstruksi baja pun cenderung tak berubah seiring waktu. Tidak salah jika konstruksi baja dikenal tahan lama.

3. Konstruksi Baja Dibangun Lebih Cepat: Buat kamu yang ingin membangun rumah dalam tempo singkat, konstruksi baja bisa jadi andalan. Baja sendiri dibuat dengan standar tinggi dan mudah dibentuk, sehingga kamu bisa menyingkat waktu dalam pemilihan kualitas dan ukuran.

Selain gampang dibentuk dan disambungkan, konstruksi baja juga hanya perlu waktu yang pendek dalam proses instalasinya. Faktor human error pun jadi makin kecil.

4. Memiliki Daktilitas yang Tinggi Sehingga Lebih Aman: Daktilitas adalah kemampuan suatu material untuk merenggang hingga akhirnya putus. Luar biasanya, baja merupakan material yang memiliki daktilitas tinggi sehingga lebih elastis dan mampu menahan beban besar.

Keuntungan lainnya, konstruksi baja, misalnya rangka atap baja ringan, akan memberikan tanda-tanda pembengkokan ketika beban yang diampu terlalu berat sehingga memberikan waktu yang cukup untuk mengantisipasi keruntuhan. Menjadikan hunian lebih tahan terhadap guncangan seperti gempa.

5. Konstruksi Baja Aman di Kantung: Selain faktor kekuatan dan keamanan, tak dipungkiri bahwa faktor ekonomi pun menjadi salah satu pertimbangan penting. Meski harganya mahal, konstruksi baja nyatanya sangat awet dan bisa didaur ulang.

Sebuah konstruksi baja bisa bertahan puluhan tahun serta tidak begitu saja menjadi ‘sampah’. Di samping itu, konstruksi baja hanya memakan sedikit biaya perawatan, perbaikan, dan penggantian. Dalam jangka panjang, dompetmu jadi lebih aman.

6. Konstruksi Baja Ramah Lingkungan: Konstruksi baja bisa diaur ulang menjadi produk lain setelah tidak digunakan lagi. Itulah yang membuat baja menjadi material paling banyak didaur ulang. Proses ini turut membantu mengurangi emisi karbon dioksida. Mau rumahmu menjadi rumah ramah lingkungan? Kamu bisa mencoba pakai konstruksi baja!

Nah, itu dia beberapa manfaat dan kelebihan konstruksi baja. Jika Anda ingin membangun hunian maupun bangunan komersil, struktur baja merupakan pilihan tepat. Walaupun Anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya dari segi pembelian material, konstruksi baja untuk bangunan memberikan manfaat yang setaran dengan biaya tersebut.

Distributor Pemasaran:

Light Group Indonesia adalah Kontraktor Bangunan Baja Jogja. Area kami meliputi Kota Jogja / Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Tegal, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Magelang, Temanggung, Kendal, Brebes, Pekalongan, Pemalang, Ambarawa, Boyolali, Demak, Kudus, Pati, Purwodadi, Blora, Rembang, Solo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Kartasuro, Jepara, Madiun, Surabaya, Sukoharjo, Madura, Malang, Mojokerto, Sidoharjo, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Pasuruan, Bandung, Depok, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Subang, Purwakarta, Cikampek, Sukabumi, Serang, Cilegon, Karawang, Banten, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, Denpasar, Singaraja, Amplapura, Gianyar, Tabanan, Bangli, Aceh, Lhokseumawe, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Riau, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Bangka Belitung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Bontang, Parakan, Makassar, Kendari, Palu, Ternate, Tanete, Ambon, Maluku, Sorong, Bawe, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke, Mappi, Maumere, Bima, Kupang, Lombok, Mataram, Sumbawa.


Hubungi Kami Di:

CV. LIGHT GROUP INDONESIA
Jl. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta

WA: 0888 0272 5212

WA: 0813 2515 7177

WA: 0818 0413 5008


Website: www.dakkeratonjogja.com

Website: www.lightgroupindonesia.com

Website: www.bahanbangunanjogja.info


Instagram: lightgroup_id